Cara Mudah Membuat Dan Menggunakan Menu Kategori Pada WordPress

Membuat kategori pada wordpress
Membuat kategori pada wordpress

Cara Mudah Membuat Dan Menggunakan Menu Kategori Pada WordPress

Menu Kategori Pada WordPress, banyak para blogger pemula yang masih bingung dalam membuat dan menggunakan menu kategori yang terdapat pada WordPress. Kali ini saya akan membahas tentang cara membuat dan menggunaka menu kategori pada WordPress. Menu kategori pada WordPress ini digunakan untuk memudahkan anda dalam mengatur kategori postingan yang anda buat. Anda dapat mengatur atau menyusun postingan anda sesuai dengan kategori masing-masing, pada satu postingan dapat memiliki lebih dari satu kategori. (baca juga : Tutorial Menggunakan Plugin All in one SEO Pack di WordPress)

Cara Membuat Kategori Pada WordPress

Untuk membuat menu kategori pada WordPress, silahkan anda login pada WordPress anda. Kemudian pada menu posts terdapat menu dropdown, pilih Category. Setelah memilih menu tersebut akan muncul halaman untuk membuat kategori seperti gambar dibawah ini. Silahkan anda isi nama kategori yang anda inginkan, disini saya menggunakan nama "WordPress" sebagai contoh, slug (sebagai URL kategori). Setelah itu klik Add New Category.

Membuat Menu Kategori
Membuat Menu Kategori


Jika anda berhasil mengikuti langkah diatas, berati anda sudah bisa membuat kategori di WordPress untuk website anda. Nah sekarang saya akan menunjukkan cara membuat sub-kategori dari kategori yang sudah dibuat tadi dengan nama (WordPress). Disini saya memakai nama sub-kategori dengan nama "Plugins". Silahkan anda buat namanya sesuai dengan keinginan anda. Langkahnya sama seperti langkah diatas tadi, silahkan isikan nama dan slug (Plugins). Setelah itu, karena saya ingin membuat Plugins sebagai sub-kategori dari WordPress maka pada menu scrolbar Parent pilih WordPress, kemudian klik Add New Category. Nah dengan langkah tersebut anda sudah memiliki sub-kategori untuk website anda. Jika kurang jelas untuk membuat sub-kategori, anda bisa lihat gambar di bawah ini.

Membuat Menu sub-Kategori
Membuat Menu sub-Kategori

Cara Menggunakan Menu Kategori

Setelah anda selesai membuat menu kategori beserta sub-kategorinya, sekarang waktunya anda menggunakan kategori tersebut untuk tempat postingan anda. Anda bisa menambahkan postingan pada katgori yang anda buat sebelumnya dengan cara membuka postingan yang sudah ada, atau dengan membuat postingan baru. Dan terdapat menu centang di sebelah kanan, silahkan anda pilih kategori untuk postingan anda tersebut. Anda juga dapat menambahkan kategoru pada menu +Add New Category yang tersedia di situ.

Menambah post ke kategori
Menambah post ke kategori


Selain cara diatas, ada cara lain lagi untuk menambahkan postingan anda ke kategori yang sudah anda buat sebelumnya, yaitu dengan cara masuk ke menu Posts >> All Posts. Dan selanjutnya pilih artikel yang ingin anda tambahkan ke kategori yang sudah anda buat. Di halaman tersebut terdapat menu scrolbar Bulk Actions, lalu pilih menu Edit, dan tekan Apply. Berikut gambarnya.

Bulk Actions
Bulk Actions


Setelah anda berhasil mengikuti langkah-langkah diatas, sekarang postingan anda sudah berada pada kategori yang anda buat tadi. Dalam pembuatan kategori ini juga dapat berpengaruh untuk optimasi SEO serta mempermudah pengunjung dalam mencari kategori yang di inginkan. Dan itulah artikel saya tentang Cara Mudah Membuat Dan Menggunakan Menu Kategori Pada WordPress. Mudah kan ?. Jika anda memahami dengan benar pasti mudah kok. Sekian dulu artikel dari saya ini, semoga bermanfaat untuk anda yang membacanya.

0 Response to "Cara Mudah Membuat Dan Menggunakan Menu Kategori Pada WordPress"

Post a Comment