Panduan Tentang Komentar Pada WoedPress Lengkap

Akismet-Stop Comment Spam
Akismet-Stop Comment Spam

All In One - Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang yang namanya komentar pada wordpress. Komentar itu sendiri adalah bagian penting dari masing-masing situs WordPress. Dalam hal ini, bertujuan untuk melindungi komentar anda dari spam dan untuk menampilkan kolom komentar pada bagian bawah halaman postingan anda. Dalam artikel ini saya akan memberikan tutorial untuk memoderator dan mengamankan komentar anda dari spam dan mengatur komentar pada setiap postingan anda.

Dengan komentar-komentar yang besar pada konten di website anda, itu akan membuat artikel postingan anda tersebut menjadi bagian artikel anda yang populer dan juga menunjukkan ketertarikan pengunjung untuk melihat artikel anda tersebut. Jika pada komentar di aktifkan secara default, maka pengunjung pada website anda dapat berbagi pendapat mereka terhadap konten yang anda tulis pada bagian bawah postingan anda.


BACA JUGA : 

Tutorial WordPress : Menambah Gambar Pada Postingan, Mudah dan Cepat


Pingback Komentar Pada WordPress

Seseorang telah menggunakan atau mengutip seluruh postingan pada blog anda dan menghubungkannya ke anda, maka secara otomatis WordPress mengirimkan pingback untuk penulis konten. Dengan cara tersebut, anda bisa tahu dan melacak siapa yang terhubung dengan anda. Dengan cari tersebut juga sumber artikel dapat diketahui. anda akan melihat pingback pada bagian Komentar dari admin area WordPress Anda. Mereka akan terdaftar di antara komentar biasa. Anda juga dapat membedakan pingback dari komentar biasa karena akan menampilkan teks link ke situs anda secara otomatis ditempatkan dalam bentuk kurung persegi oleh WordPress. Berikut screenshoot gambarnya:

Pingback WordPress
Pingback WordPress


Pengaturan Komentar Pada WordPress

Untuk penganturan pada komentar di WordPress sendiri anda bisa masuk ke menu Setting >> Discussion, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini:
Discussion Setting
Discussion Setting

Pada halaman tersebut, terdapat beberapa pengaturan yang harus dirubah (tergantung pada kebutuhan), berikut penjelasannya:

Allow people to post comments on new articles
Pada pengaturan ini, adalah untuk menangani apakah komentar di bawah posting baru diaktifkan atau dinonaktifkan secara default. Perhatikan bahwa mengaktifkan atau menonaktifkan komentar di bawah posting tertentu atau halaman akan menimpa pengaturan ini.

Comment must be manually approved
Apabila anda ingin memoderator atau mengkonfigurasi setiap komentar yang masuk situs anda sebelum ditampilkan secara otomatis, aktifkan opsi ini.

Show Avatar
Secara default, WordPress akan menghubungkan alamat email dengan Avatar anda dan pengunjung komentar untuk nya / miliknya di Gravatar jika anda dan mereka memilikinya. Dengan pilihan ini, Anda dapat menyembunyikan atau menampilkan avatar di samping komentar anda.

Melindungi Komentar Dari Spam

Untuk melindungi komentar anda dari komentar-komentar tidak penting (spam) ini, anda dapat menggunakan plugin Akismet. Plugin Akismet ini sebenarnya sudah otomatis terinstall pada saat pertama kali anda menginstall WordPress anda. Berikut tampilan plugin akismet.

Plugin Akismet
Plugin Akismet


Akismet merupakan layanan eksternal untuk mencegah terjadinya spam pada komentar anda. Memiliki database email, alamat IP dan nama yang digunakan untuk mengirimkan spam. Ketika pengunjung website Anda menyampaikan komentar, maka secara otomatis akan diperiksa oleh Akismet dan dimasukkan ke dalam folder Spam khusus jika cocok dengan kriteria bahwa komentar tersebut adalah spam. Spam sendiri andalah masalah yang sering terjadi pada komentar di WordPress, bot mencoba untuk memasukkan konten palsu penuh dengan link ke situs mereka. Jika anda belum mengaktifkan akismet, silahkan anda daftar terlebih dahulu dengan masuk ke situs akismetnya, kemudian pilih yang free saja. Setelah anda mendaftar, anda akan mendapatkan key, kemudian anda paste key tersebut ke dalam settingan akismet pada wordpress anda, selesai dah.

Daftar Akismet
Daftar Akismet


Kemudian untuk pengaturan plugin akismet, silahkan lihat gambar di bawah ini.

Setting Akismet
Setting Akismet

Demikian artikel dari saya tentang Panduan Tentang Komentar Pada WoedPress Lengkap, semoga bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan silahkan isikan pada kolom komentar di bawah.

0 Response to "Panduan Tentang Komentar Pada WoedPress Lengkap"

Post a Comment