Tutorial Mudah Untuk Mengatur Dan Menyesuaikan Themes Pada WordPress

Mengatur Dan Menyesuaikan Themes Pada WordPress
Mengatur Dan Menyesuaikan Themes Pada WordPress

Tutorial Mudah Untuk Mengatur Dan Menyesuaikan Themes Pada WordPress

All In One - Pada postingan kali ini saya akan membahas cara mengatur tema pada WordPress. Untuk mengatur dan menyesuaikan tema pada WordPress itu tergantung pada tema yang anda gunakan pada WordPress anda tersebut, karenasetiap tema memiliki settingan yang berbeda-beda tergantung dari developer tema tersebut. Dalam tutorial ini saya akan menggunakan themes default dari WordPress sendiri yaitu Twenty Fifteen, tema tersebut sudah disediakan di WordPress. Untuk melihat tema-tema bawaan dari WordPress, silahkan arahkan kursor anda ke menu Appearance, kemudian pilih dan klik menu dropdown Themes. Disana terdapat beberapa tema bawaan WordPress termasuk Twenty Fifteen yang saya gunakan pada tutorial ini. Langsung saja kita menuju tutorialnya.


Baca Juga : 

Cara Mudah Membuat Dan Menggunakan Menu Kategori Pada WordPress


Menyesuaikan Themes Pada WordPress

Langakah pertama yang anda lakukan untuk menyesuaikan tema WordPress adalah, silahkan anda pilih menu Appearance dan pilih dan klik menu dropdown Customize maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut.


Tampilan Menu Custumize
Tampilan Menu Custumize


Pada halaman tersebut, anda bisa memodifikasi tema anda dengan mudah, karena langsung ada live preview nya pada bagian kanan layar. Dengan demikian anda dapat melihat secara langsung perubahan yang anda buat. Saya rasa tidak perlu dicoba satu persatu dalam tutorial ini karena cukup mudah kok, anda hanya pilih menu yang sudah disediakan di sebelah kiri anda.

Mengubah Judul Dan Tagline Pada Themes WordPress

Di halaman Customize ini anda dapat merubah Judul situs pada website anda dan juga tagline. Untuk merubah judul, terdapat menu Site Identity di sebelah kiri anda silahkan klik, maka akan muncul form pengisian judul dan tagline. Silahkan anda isikan judul untuk website anda dan juga isikan tagline nya. Setelah selesai silahkan klik tombol Save & Publish. Berikut screenshot gambarnya.

Mengubah Judul & Tagline
Mengubah Judul & Tagline


Baca Juga : 

Tips Mengoptimasikan SEO Website Untuk WordPress


Menu Tambahan Pada WordPress Custumize Themes

Sebenarnya ini tergantung pada tema yang Anda gunakan mungkin ada opsi tambahan di halaman tersebut. Sebagai contoh, pada tema Twenty fifteen juga memungkinkan Anda untuk mengatur warna judul situs & background, menambahkan gambar background dan lain-lainnya. Pada WordPress terbaru ini juga menyediakan menu untuk mengatur widget, sehingga Anda dapat dengan mudah juga untuk mengatur area widget yang sudah di sediakan oleh tema wordpress yang Anda gunakan, entah itu untuk mengatur bagian sidebar maupun footer. Setelah Anda puas dengan hasilnya, cukup klik pada tombol Save & Publish untuk menyimpan perubahan.

Demikian artikel saya tentang Tutorial Mudah Untuk Mengatur Dan Menyesuaikan Themes Pada WordPress ini, semoga bermanfaat untuk anda yang membacanya. Dan juga terimakasih sudah mengunjungi blog saya.

0 Response to "Tutorial Mudah Untuk Mengatur Dan Menyesuaikan Themes Pada WordPress"

Post a Comment